PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY EXPERIENCE SEBAGAI EDUKASI AMAN BERLALU LINTAS

Jum’at, 23 Agustus 2024 SD Unggulan Aisyiyah Bantul menerima tamu dari Universitas Ahmad Dahlan sebagai salah satu mitra SDUA Bantul. Kedatangan tamu dari Universitas Ahmad Dahlan yang diwakilkan oleh beberapa dosen dan mahasiswa dalam rangka riset penelitian mengenai pengembangan virtual reality experience kepada perwakilan siswa kelas 4 dan kelas 5 serta perwakilan guru SD Unggulan Aisyiyah Bantul.

Riset pengembangan virtual reality experience tersebut dilakukan oleh dosen UAD dari prodi Guru Sekolah Dasar yang di ketuai oleh Ibu Dr. Vera Yuli Erviana, M.Pd yang beranggotakan Bapak Prof.Dr.Ir, Dwi Sulisworo, M.T dan Bapak Rusydi Umar, M.T., Ph.D. dengan dibantu oleh 5 mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan.

Kegiatan riset pengembangan virtual reality experience tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan riset dilakukan di dua tempat secara bersamaan yaitu di ruang aula dan ruang multitalenta SDUA Bantul. Kegiatan di aula ini diikuti oleh 40 siswa dan 5 guru,sedangkan kegiatan di ruang multitalenta ddiikuti oleh 5 siswa, 5 guru dan Bapak Kepala Sekolah.

Narasumbr dalam kegiatan di aula adalah Ibu Dr. Vera Yuli Erviana, M.Pd sedangkan narasumber di ruang multitalenta adalah Bapak Oktomi, S.K.M., M.Sc. Kegiatan diawali dengan perkenalan penggunaan alat dan tutorial cara menggunakan virtual reality experience kepada siswa dan guru. Setelah siswa dan guru mencoba menggunakan alat VR kemudian dilanjutkan dengan mengisi kuesioner yang sudah disediakan oleh pihak peneliti.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan kerjasama SD Unggulan Aisyiyah Bantul dan Universitas Ahmad Dahlan menjadi lebih erat dan siswa maupun guru sebagai pembelajaran edukasi aman dalam berlalu lintas dan diharapkan siswa sekolah dasar menjadi lebih meningkatkan kesadaran dan keselamatannya dalam berlalu lintas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *