Gelora Bulan Bahasa, SDUA Mengadakan Festival Literasi Siswa (FELISA)

Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa mengingat pada tanggal 28 Oktober 1928 terjadi peristiwa Sumpah Pemuda yang menyerukan bahwa: “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Salah satu poin dari Sumpah Pemuda tersebut ialah menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Poin terakhir dalam Sumpah Pemuda inilah yang menjadi alasan kuat Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia jatuh pada Bulan Oktober. Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia secara rutin diselenggarakan pada bulan Oktober sejak tahun 1980 selain sebagai bentuk peringatan hari Sumpah Pemuda, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.  Berbagai kegiatan digelar mulai dari ajang karya, berekspresi, perlombaan dan peningkatan kualitas berbahasa Indonesia.

Dalam rangka bulan bahasa tahun 2021, SD Unggulan Aisyiyah Bantul menggelar Festival Literasi Siswa (FELISA) dengan mengangkat tema “Genggam Dunia dengan Membaca dan Berkarya”. Lomba digelar mulai Senin-Selasa 1-2 November 2021 dengan jenis lomba sebagai berikut:

Kelas 1️ & 2: Mewarnai

Kelas 3️ & 4: Menulis Puisi (Pilihan Tema:  Cita-Citaku, Guruku)

Kelas 5️ & 6: Menulis Pantun (Pilihan Tema: Sekolah, Keluarga, Agama, Lingkungan

    

Selain itu, juga terdapat Lomba Cosplay Tokoh Nasional dengan mengirimkan foto melalui link https://bit.ly/cosplay_felisa2021 paling lambat 7 November 2021. Karya terbaik tiap anggkatan akan dipilih dan diumumkan pada saat Upacara Hari Guru tanggal 25 November 2021. Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk semangat berkompetisi pada diri peserta didik dan memupuk semangat kebangsaan serta kebanggaan pada Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan.

Visits: 558 Today: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *