Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Adapun Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul antara lain:

  1. Ekstrakurikuler Karawitan
    Ekstrakurikuler karawitan atau musik gamelan jawa di SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul sebagai upaya untuk melestarikan seni kebudayaan jawa.
  2. Ekstrakurikuler Membatik
    pada ekstrakurikuler ini Siswa diajarkan cara membatik dari awal sampai menghasilkan karya kain batik
  3. Ekstrakurikuler Jemparingan
    Jemparingan adalah merupakan seni memanah klasik, ada juga yang menyebut panahan kuno ala Jawa. Seni memanah gaya mataraman ini memang berbeda dengan olahraga panahan biasa. Dari sisi tujuan, tehnik memanah, panah yang digunakan dan juga sasaran tembaknya. Tidak seperti panahan yang dilakukan sambil berdiri namun oleh raga panahan jemparingan dilakukan dengan duduk bersila.
  4. Ekstrakurikuler Futsal
    Ekstrakurikuler futsal diadakan dengan tujuan menyediakan wadah untuk siswa menyalurkan hobinya dan menumbuhkan sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi
  5. Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathon
    Ekstrakurikuler Hizbul Wathon (HW) merupakan kegiatan yang memberikan ketrampilan khusus bagi siswa dalam hal kepanduan layaknya kegiatan pramuka

 

Visits: 30 Today: 2