DEKLARASI SEKOLAH RAMAH ANAK SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Pada hari Rabu 2 Maret 2022 bertepatan tanggal 29 Rajab 1443 H SD Unggulan Aisyiyah Bantul melaksanakan Deklarasi Sekolah Ramah Anak. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Akbar Sekolah Ramah Anak yang dicanangkan oleh Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih yang telah terlaksana pada tanggal 22 Februari 2022 untuk mewujudkan Bantul menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

SD Unggulan Aisyiyah Bantul ingin menjadi bagian dari kebijakan menuju Sekolah Ramah Anak sehingga seluruh warga sekolah mulai dari yayasan, kepala sekolah, komite sekolah, guru, karyawan, dan seluruh siswa menyambut dengan sangat baik program sekolah ramah anak karena merupakan salah satu implementasi dari ayat suci Al Quran Surat An-Nisa ayat 9 “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya”. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”.  Ayat tersebut merupakan landasan didirikannya SD Unggulan Aisyiyah Bantul kala itu. Konsep fullday school yang diterapkan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul sangat membutuhkan cara, strategi, dan metode agar sekolah menjadi tempat yang aman, nyaman, ramah, menyenangkan, dan merupakan rumah kedua bagi peserta didik sehingga program sekolah ramah anak akan dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

                   

Dalam mewujudkan Program Sekolah Ramah Anak, SD Unggulan Aisyiyah Bantul memiliki bekal dan potensi yang telah dimiliki untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama beberapa tahun lalu Pimpinan Pusat Aisyiyah telah mencanakan Program GACA (Gerakan Aisyiyah Cinta Anak) dimana Aisyiyah melaksanakan intruksi dan sosialisasi kepada suluruh amal usaha pendidikan termasuk SD Unggulan Aisyiyah Bantul untuk membimbing dan mendidik anak dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang karena anak merupakan aset masa depan bangsa yang harus dididik dengan benar agar berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Kedua pada tahun 2018 SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah diresmikan menjadi salah satu Sekolah Siaga Bencana di Kabupaten Bantul. Bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Bantul dan MDMC Kabupaten Bantul, seluruh warga sekolah belajar mewujudkan sekolah yang aman bencana dengan mendapatkan pelatihan tentang mitigasi bencana dan setiap satu semester satu kali SD Unggulan Aisyiyah Bantul melakukan simulasi kebencanaan sebagai bagian dari pembelajarn secara praktik terkait kebencanaan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan SD Unggulan Aisyiyah Bantul merupakan sekolah yang siaga, tanggap, dan aman dari bencana.

        

Hari Rabu 2 Maret 2022/29 Rajab 1443 H kita mengajak kepada suluruh stake holder dan warga sekolah untuk bersama-sama mendeklarasikan SDUA Bantul sebagai sekolah ramah anak dan tentu nanti akan diikuti oleh pemenuhan standarisasi baik program, pelatihan guru dan karyawan, sarana dan prasarana agar benar-benar tercipta sekolah ramah anak SDUA Bantul. Dengan terwujudnya Sekolah Ramah Anak di SDUA Bantul semoga akan tercipta:
a. Sekolah yang nyaman dan aman bagi anak untuk belajar, bermain, dan bersosialisasi
b. Sekolah bebas dari bullying, kekerasan, perkelahian, pelecehan seksual, dan jauh dari unsur SARA
c. Guru dan karyawan memiliki kompetensi dalam mendidik anak secara humanis dan holistik sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka Belajar.
Pada kesemptan ini kami atas nama sekolah mengajak kepada seluruh elemen sekolah untuk bekerja sama, memberikan saran, masukan, dan ide gagasan dalam rangka sekolah mewujudkan Sekolah Ramah Anak.

ibu dholina selaku perwakilan wali siswa yang turut hadir dalam acara deklarasi SDUA ramah anak berharap “Tentu tidak hanya terhenti pada deklarasi, namun dibalik deklarasi tersimpan makna bahwa sekolah dengan sepenuh hati siap memberikan ruang belajar seluas2nya kepada anak untuk tumbuh dan mewadahi berbagai potensi diri secara humanis-religius”

        

 

Visits: 3252 Today: 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *