PEMBIASAAN MENGHAFAL HADIS, DOA DAN AYAT PILIHAN DI SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL

SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul merupakan sekolah berbasis islam khususnya ‘Aisiyiyah/Muhammadiyah. Memiliki tagline “Sekolah Islam Multitalenta” dengan harapan bahwa SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul menjadi sekolah berbasis Islam yang memiliki berbagai talenta bagi seluruh civitas akademikanya, baik dari siswa, guru, kepala sekolah maupun seluruh warga sekolah.

Sebagai sekolah islam, SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul senantiasa menerapkan pembiasan-pembiasaan islami dalam setiap kegiatannya. Pembiasaan-pembiasaan ini dilakukan berupa kegiatan rutin, spontan, terprogram, dan keteladanan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan karakter islami bagi siswa SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Pembiasaan islam yg dilakukan salah satunya adalah membaca doa, hadis dan ayat pilihan.

           

Pembiasaan menghafal doa, hadis dan ayat pilihan ini dilakukan oleh seluruh siswa SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dari kelas 1 sampai kelas 6. Bacaan doa, hadis dan ayat pilihan yang dibaca setiap angkatan sesuai dengan target hafalan yang ditetapkan oleh sekolah. Misalnya untuk semester genap ini, target doa hadis dan ayat pilihan untuk kelas 2 adalah Hadis Meninggalkan yang Tidak Bermanfaat, Hadis Mencitai Saudara, Hadis Surga di Telapak Kaki Ibu, Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur, Doa Syukur Nikmat dan Doa Selamat. Sedangkan untuk kelas 5 adalah Hadis Anjuran Menyegerakan Sholat, Hadis Amalan yang Utama, Hadis Memberi Lebih Baik dari Menerima, Doa Mohon Dilindungi dari Minta Sesuatu yang Sia-sia, Doa Menghilangkan Marah, Doa Jika Mendapat Mimpi Buruk. Pembiasaan ini dilakukan setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai yakni pukul 07.00-07.30. Metode yang dilakukan oleh setiap guru kelas dan pendamping dalam kegiatan pembiasaan ini beragam, disesuaikan dengan karakter siswa dalam masing-masing kelas. Pendekatan yang dilakukan juga menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa akan lebih mudah untuk menghafal target doa hadis dan ayat pilihan tersebut.

     

 

Dengan adanya pembiasan ini diharapkan siswa dapat menghafal doa, hadis, dan ayat pilihan tersebut. Dari menghafal bacaan dan artinya diharapkan pula siswa mampu mengetahui maknanya. Kemudian siswa akan menerapkan sikap dan perilakunya sehari-hari sesuai pembiasaan yang telah dilakukan. Memulai segala aktivitas dengan berdoa, dan melakukan perilaku yang sesuai dengan hadis Rasululloh SAW. Oleh karena itu, karakter siswa SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul juga diharapkan akan semakin islami. Dengan demikian pembiasaan menghafal hadis, doa dan ayat pilihan ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang berakibat pada peningkatan karakter akhlakul karimah bagi siswa SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Sehingga image “Sekolah Islam Multitalenta” bagi SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul akan benar-benar nyata. -LI-

       

 

 

Visits: 3548 Today: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *