Kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) SDUA Bantul Tahap 1

Kamis, 28 Oktober 2021 telah terlaksana kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang bekerjasama dengan Puskesmas Bantul II.  Kegiatan BIAS pada kali ini diikuti oleh siswa kelas I dan 5 yang berfokus pada pemberian imunisasi MR dan Td.

Imunisasi MR atau Measles Rubella adalah vaksin untuk mencegah measles (campak) dan rubella (campak Jerman). Campak dan rubella disebabkan infeksi virus yang berbeda, tetapi sama-sama bisa menular melalui udara yang terkontaminasi virus. Sedangkan imunisasi Td merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis).

Namun sebelum kegiatan ini dilakukan, pihak sekolah berkoordinir dengan pihak puskesmas Bantul II untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada orang tua tentang pelaksanaan kegiatan. Orang tua siswa memiliki wewenang untuk memilih mengikuti kegiatan ini atau tidak.

Imunisasi ini merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kekebalan anak sekolah terhadap penyakit Campak, Rubella, Difteri, dan Tetanus maka akan dilakukan pemberian imunisasi lanjutan terhadap anak sekolah dasar atau yang sederajat.

Pemberian imunisasi terhadap anak sekolah dasar dan yang sederajat dimaksudkan sebagai upaya booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi (DPT dan Campak ), dimana pada saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai menurun. Pelaksanaan imunisasi tersebut telah disediakan 1 (satu) alat suntik untuk setiap siswa. BIAS bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Visits: 1466 Today: 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *