Skip to Content

Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program PKS

Be First!

Salah satu penguatan pendidikan karakter di SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul yaitu diadakan program PKS (Polisi Keamanan Sekolah). SDUA bekerja sama dengan polsek Bantul. Program ini diikuti oleh siswa kelas V yang terdiri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Sebelum mereka terjun ke jalan mereka mengikuti tahap seleksi dan dibekali pelatihan selama 1 bulan. Mereka diajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas, peraturan lalu lintas, dan kedisiplinan.

Meski baru berjalan 2 minggu siswa bertugas sebagai Polisi Keamanan Sekolah sudah banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini. Salah satunya yaitu bagi para siswa yang bertugas datang lebih awal dari biasanya.

Pukul 06.30 siswa yang bertugas sudah berada dipintu barat sekolah guna membantu menyebrangkan pengendara serta bapak ibu guru dari parkir motor dan mobil.

Siswa yang bertugas menggunakan seragam dan atribut polisi kecil layaknya seorang polisi dan polwan. Dengan wajah yang ceria dan bahagia mereka membantu bapak polisi dan satpam mengatur lalu lintas demi kelancaran dijalan raya dan tidak terjadinya kemacetan dipintu barat sekolah.

Tujuan dari program ini yaitu untuk menanamkan sikap disiplin kepada anak-anak agar bisa diterapkan dikehidupannya sehari-hari. Selain itu juga agar terbentuk pribadi yang disiplin dan mandiri.(red)

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*