Skip to Content

Kampanye Imunisasi Measles Rubella di SDUA

Kampanye Imunisasi Measles Rubella di SDUA

Be First!

Selama dua hari (21-22/8) seluruh siswa – siswi SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul (SDUA) menjalani Imunisasi Measles Rubella (MR) bertempat di Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).  Kegiatan ini langsung ditangani oleh tim dokter dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Bantul. Imunisasi MR dilakukan guna melindungi seluruh siswa SDUA dari penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan penyakit ringan maupun komplikasi. Perlu diketahui  campak dan rubella adalah penyakit infeksi  menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Baik anak maupun orang dewasa yang belum mendapat imunisasi MR akan beresiko tinggi tertular.

Hari pertama Imunisasi MR diberikan kepada seluruh siswa kelas I-III secara bergilir dilanjutkan kelas IV-VI pada hari ke-2. Banyak anak yang merasa takut bahkan menangis saat sebelum dilakukan imunisasi. “Biasa saja, rasanya”, tegas Jesslyn siswi kelas IV Abdullah Bin Umar. Dia mengatakan saat ikut imunasasi tidak merasa takut akan jarum suntik dan menjalani tanpa beban. Jauh hari sebelum pelaksanan, seluruh siswa telah diberikan surat edaran kepada wali siswa, namun masih ada anak yang belum diizinkan mengikuti  imunisasi MR karena alasan medis.

Ibu Yuli selaku koordinator pelaksanaan imunisasi menyampaikan bahwa kegiatan ini berjalan bagus terbukti adanya kerja sama antara puskesmas dan sekolah guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik. “Namun justru dari beberapa pihak wali murid yang belum tau manfaat dan sasaran imunisasi tersebut sehingga melarang anaknya supaya tidak ikut imunisasi”, tegas Ibu Yuli. Adanya kegiatan ini akan membuka mata civitas sekolah supaya benar memperhatikan pentingnya kesehatan baik melalui imunisasi bagi siswa – siswi di SDUA.

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*