Skip to Content

BUKAN SEKEDAR AKREDITASI

BUKAN SEKEDAR AKREDITASI

Be First!

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyinggung perihal akreditasi, dimana akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan suatu program baik satuan pendidikan formal maupun non formal pada setiap jenjang pendidikan.  Tahun ini, SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul kembali diuji lewat Akreditasi Sekolah pada tanggal 27-28 Juli 2017.  Seluruh elemen civitas akademik di SD Unggulan ‘Aisyiyah ikut terlibat dalam mempersiapkan segala kebutuhan demi suksesnya pelaksanaan akreditasi tahun 2017.

Melihat instumen akreditasi sekolah mencakup delapan komponen standar nasional pendidikan yang telah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta mengacu peraturan lainnya harus terpenuhi. Kedelapan standar nasional pendidikan tersebut meliputi: (1). standar Isi, (2). standar proses, (3). standar kompetensi lulusan, (4). standar pendidikan dan tenaga kependidikan, (5). standar sarana dan prasaran, (6). standar pengelolaan, (7). standar pembiayaan, dan (8). standar penilaian pendidikan.

Salah satu perwakilan guru SDUA, Ibu Biatrik Ratna Milasari menyampaikan bahwa  perjalanan selama 10 hari yang telah dilewati dalam mempersiapkan akreditasi memiliki makna tersendiri. Berbagai tawa-canda, keluh-kesah dan haru bercampur menjadi satu. Makna pengabdian nyata terlihat pada pengorbanan dan gelora perjuangan  serta pembuktian lewat kerja nyata.  “Usaha tak kan membohongi hasil, asal kau rela berdarah di dalamnya pastilah nilai A akan membalut luka tanpa banyak kata. Inilah pertanggungjawaban sejarah atas lahirnya SDUA. Siapa sangka yang berawal  dari atap bocor kini merangkak 3 lantai bersama kokohnya beton. Siapa sangka yang bermula dari puluhan kini merayap mendekati ribuan, dilansir dari kicauan di media sosial.

 

“Terharu akan totalitas, dedikasi, dan kreasi kami begitu para Asesor menutup rangkaian akreditasi tahun ini. Inilah kami yang muda yang berkarya, yang muda yang juara dan sampai masa nantinya meski tak muda lagi usia kami namun kami berjanji karya kami akan tetap menjadi prestasi”, pungkasnya. Meski penilaian akreditasi telah berakhir, segenap elemen sekolah yang mendukung baik pengurus, guru dan karyawan serta wali siswa, berkeyakinan akan mendapatkan hasil yang maksimal. (tutup)

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*